DINAS SOSIAL KABUPATEN PASAMAN BARAT

 

Sosialisasi Perum Bulog sebagai Penyedia Komoditas Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2019

2019-10-11

 


Pasaman Barat- Dinas Sosial Kab.Pasaman Barat melaksanakan Sosialisasi Perum Bulog Sebagai Penyedia Komoditas Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2019 (25 September 2019) di Aula Kantor Bupati Kab. Pasaman Barat, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pasaman Barat (YUDESRI, SIP, M. SI), OPD yang terkait, Kepala Dinas Sosial Kab. Pasaman Barat (Drs. MARWAZI, B. MM), Satgas Bansos Kabupaten Pasaman Barat, Pimpinan Sub Drive Bulog Bukit Tinggi (YUDI WIJAYA), Kepala Gudang BULOG Lubuk Sago (NURSI), Micro Banking Cluster Manager, Pimpinan KCP Mandiri se- Kab. Pasaman Barat, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (JUMAIDI, S.Pd, M.Pd), Camat se- Kab. Pasaman Barat, Wali Nagari / Nagari Persiapan se- Kab. Pasaman Barat, Korteks BPNT Pasaman Barat (FOSTERIUS EVELYN RESTU), Pendamping BPNT Kecamatan se- Kab. Pasaman Barat.

Acara Sosialisasi BULOG sebagai penyedia Komoditas BPNT di Kabupaten Pasaman Barat merupakan bentuk tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Sosial Republik Indonesia Nomor 01/MS/K/07/2019 tentang Perum Bulog sebagai Penyedia Komoditas BPNT.

Acara Sosialisasi BULOG sebagai penyedia Komoditas BPNT di Kabupaten Pasaman Barat dibuka oleh Bapak YUDESRI, S.IP.M.Si. dalam hal ini Bapak Sekretaris Daerah mendukung BULOG sebagai penyedia Komoditas BPNT di Kab. Pasaman Barat dengan memperhatikan prinsip 6 T (Tepat Sasaran. Tepat Waktu, Tepat Harga, Tepat Kualitas, Tepat Kuantitas, dan Tertib Administrasi) serta disampaikan juga bagi para stick holder agar bekerja maksimal dan senantiasa mengawasi jalanan Program BPNT di Kabupaten Pasaman Barat.

Kemudian Bapak Drs. MARWAZI, B. MM selaku Kepala Dinas Sosial Kab. Pasaman Barat menjelaskan bahwa pelaksanaan Program BPNT di Kab. Pasaman Barat dimulai dari bulan Juni 2019 berjalan lancar. Hal ini dibuktikan dengan rank monitoring realisasi pemanfaatan saldo KKS BPNT oleh KPM di 42 E- Warong yang beroperasi maka didapatkan hasil sebagai berikut:

Berdasarkan rank monitoring realisasi pemanfaatan saldo KKS BPNT yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri yang mana pada bulan Juni 2019 Kab. Pasaman Barat berada di rangking 13, bulan Agustus 2019 Pasaman Barat meraih peringkat 6 dan bulan berjalan Pasaman Barat sudah meraih peringkat 8 dengan penyaluran diatas 80.34%. untuk itu Kepala Dinas Sosial berharap kedepannya Pasaman Barat semakin baik dan meningkat prestasinya dalam Program BPNT terlebih dengan Bulog menjadi Penyedia Komoditas BPNT.

Penjelasan teknis oleh Pimpinan Cabang Perum Bulog Sub Divre Bukit Tinggi Bapak YUDI WIJAYA adapun hal-hal yang disosialisasikan pada acara tersebut adalah :

1. Perum Bulog menjadi Penyedia Beras BPNT di Kabupaten Pasaman Barat mulai 01 Oktober 2019 dengan melaksanakan prinsip 6 T (Tepat Sasaran. Tepat Waktu, Tepat Harga, Tepat Kualitas, Tepat Kuantitas, dan Tertib Administrasi)

2. Jenis beras yang akan didistribusikan Bulog ke E- Warong adalan beras berkualitas Premium dan sudah di Packing

3. Untuk daerah yang terisolir maka Bulog bersedia untuk mengganti biaya transportasi

4. Penyedia Telur tidak disediakan oleh Bulog untuk itu diserahkan Penyediaannya kepada E- Warong Pasaman Barat.

© 2019 Diskominfo Kabupaten Pasaman Barat | Supported by : Tim IT Kominfo